Sabtu, 14 Desember 2013

Mengenal Bahasa Pemrograman Java

- Apa itu bahasa pemrograman?
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer,adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang di pakai untuk mendifinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan di ambil dalam berbagai situasi. ( Wikipedia )

-Apa itu bahasa pemrograman Java?
Bahasa pemrograman komputer itu sangat banyak macamnya, salah satunya adalah java. Java adalah bahasa pemrograman yang di jalankan di komputer bahkan handphone. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

-Software Apa yang digunakan untuk pemrograman java?
Banyak sekali software yang dapat digunakan untuk pemrograman java, di antaranya adalah notepad, notepad++, NetBean, Editplus, dan JCreator.

-Apa kelebihan bahasa pemrograman Java?
Berikut berbagai kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman java:
  • Multiplatform. Kelebihan ini memungkinkan aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman java dapat berjalan di berbagai Sistem Operasi ( Microsoft windows, Linux, Mac Os, Android, dan Sun Solaris )
  • OOP (Object Oriented Programming)
  • Perpustakaan kelas yang lengkap memudahkan programmer untuk membangun aplikasinya.
  • Bergaya C++ yang sudah familiar dikalangan programmer sehingga lebih mudah dipahami.
  • Pengumpulan Sampah otomatis.
-Apa kekurangan bahasa pemrograman java?
  • Mudah didekompilasi, dekompilsi adalah mengubah kode yang sudah jadi menjadi kode sumber.
  • Menggunakan memori yang cukup banyak.
Cukup sekian dulu ulasan tentang bahasa pemrograman java. InsyaAllah ulasan-ulasan Java selanjutnya akan segera rilis... he.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar